Friday, October 26, 2018

LAT 15-16 PROGRAM KONSTRUKTOR DENGAN PARAMETER PADA JAVA

1. Program Konstruktor Dengan Parameter Yang Sudah Ditetapkan


class lat15_konstruktor_parameter
    //nama konstruktor = nama kelas
    { //untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
   
    String nama;//variabel nama dengan type data string
    int umur;//variabel umur dengan type data integer
   
    lat15_konstruktor_parameter(String x,int y){
        //konstruktor dengan pemberian parameter
        nama=x; //variabel nama=x
        umur=y; //variabel umur=y
    }
   
    void tampil(){
        //menampilkan
        System.out.println("Nama =" + nama);
        //mencetak nama
        System.out.println("Umur =" + umur);
        //mencetak umur
    }
   
    public static void main(String[]args){
        //berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
        System.out.println("Berikut adalah konstruktor dengan parameter");
        //mencetak kalimat Berikut adalah konstruktor dengan parameter
        System.out.println("==================================================");
        //mencetak pembatas
        lat15_konstruktor_parameter demoConstructor = new lat15_konstruktor_parameter("Meutia",21);
        //menginisialisasi & memanggil nama konstruktor
        //dan membaca nilai parameter
        demoConstructor.tampil(); //menampilkan hasil
    } //penutup compound statement
}

Berikut adalah Outputnya :


2. Program Konstruktor Dengan Parameter Input Berulang

import java.util.Scanner;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
class lat16_konstruktor_parameter_inputberulang
    //nama konstruktor = nama kelas
    { //untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
   
    String nama;//variabel nama dengan type data string
    int umur;//variabel umur dengan type data integer
   
    lat16_konstruktor_parameter_inputberulang(String x,int y){
        //konstruktor dengan pemberian parameter
        nama=x; //variabel nama=x
        umur=y; //variabel umur=y
    }
   
    void tampil(){
        //menampilkan
       System.out.println("Nama =" + nama);
        //mencetak nama
        System.out.println("Umur =" + umur);
        //mencetak umur
    }
   
    public static void main(String[]args){
        //berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
       
        char lagi='y';
        //variabel lagi dengan tipe data char untuk perulangan
        while(lagi=='y'){ //perulangan while
        Scanner a= new Scanner (System.in);
        //mencetak hasil dari scanner a
        System.out.println("Berikut adalah konstruktor dengan parameter");
        //mencetak kalimat Berikut adalah konstruktor dengan parameter
        System.out.println("==================================================");
        //mencetak pembatas
        System.out.print("Masukan nama :");
        //mencetak kalimat Masukan Nama
        String n=a.nextLine(); //menampung variabel n dengan tipe data string
        System.out.print("Masukan umur :");
        //encetak kalimat Masukan Umur
        int u=a.nextInt(); //menampung variabel u dengan tipe data integer
       
        try{ //untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
        lat16_konstruktor_parameter_inputberulang demoConstructor = new lat16_konstruktor_parameter_inputberulang(n,u);
        //menginisialisasi & memanggil nama konstruktor
        //dan membaca nilai parameter
        demoConstructor.tampil();
      }catch (NumberFormatException nfe){} //menangkap eksepsi format nomor
        System.out.print("mau coba lagi (y/t) ?");
        //mencetak kalimat mau coba lagi (y/t)?
       
        String str=lat4_BacaKeyboard.bacaString();
        //memanggil kelas baca keyboard
        lagi = str.charAt(0);
        //Metode ini mengembalikan karakter terletak di String's indeks tertentu
        //Indeks string mulai dari nol
        if(lagi=='Y') lagi ='Y';
        if(lagi=='y') continue; //kondisi untuk perulangan
        else{
            System.out.println("trim\'s.. sudah mau mencoba\n");
            break;
    } //penutup compound statement
}
}
}


Program Baca Keyboard Untuk Perulangan
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard

public class lat4_BacaKeyboard
    //nama baca keyboard = nama kelas
    {//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
    public static String bacaString(){
         //berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
        int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
        String string = ""; //variabel string dengan tipe data string
        boolean selesai = false; // variabel selesai dengan tipe data boolean
       
        while(!selesai){ //perulangan
            try { // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
                karakter  =System.in.read(); //membaca inputan
                if(karakter<0 ||(char)karakter == '\n')
                //kondisi jika karakter kurang dari 0 maka karakter sebanyak n
                selesai=true;
                else
                if(karakter != '\r')
                string = string+(char)karakter;
            }catch(IOException ioe){
                //kode untuk menangani error exception yang berhubungan dengan input output
                System.err.println("Ada Kesalahan Input Data!");
                //untuk menampilkan pesan error
                selesai=true; //jika benar maka statement akan berhenti
            }
        }
        return string; //mengembalikan string
    }//penutup compound statement
}

Berikut adalah Outputnya :

No comments:

Post a Comment

KUMPULAN MATERI RESUME PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat Datang di Blog Alfknowledge Resume Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek...