MEMBUAT PROGRAM PERULANGAN DAN BISA MEMANGGIL CLASS LAIN
ini adalah script program untuk menghitung luasluas bangun datar menggunakan teknik pemanggilan class class dari main program agar tidak terlalu banyak codingan dalam satu class. Jadi kita pisahkan dengan teknik ini, memanggilnya dengan case of lalu.. liat dibawah ini
- Main Program :
//Perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
public class tugaspbo
//nama tugaspbo = nama kelas
{ //untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
public static void main(String[]args){
//berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
Scanner masuk=new Scanner (System.in); //mencetak hasil dari scanner masuk
int pil; //variabel pil dengan tipe data integer
char lagi='y'; //variabel lagi dengan tipe char untuk perulangan
System.out.println("Masukan Pilihan");
//mencetak kalimat Masukan Pilihan
System.out.println("1. Luas Segitiga ");
//mencetak kalimat 1. Luas Segitiga
System.out.println("2. Luas Bujur Sangkar ");
//mencetak kalimat 2. Luas Bujur Sangkar
System.out.println("3. Luas Lingkaran ");
//mencetak kalimat 3. Luas Lingkaran
System.out.println("4. Luas Persegi Panjang ");
//mencetak kalimat 4. Luas Persegi Panjang
System.out.println("5. Luas Bola ");
//mencetak kalimat 5. Luas Bola
System.out.println("6. Volume Bola ");
//mencetak kalimat 6. Volume Bola
while(lagi=='y'){ //perulangan while
System.out.print("\nPilih Rumus Yang Ingin DiHitung :");
//mencetak kalimat Pilih Rumus Yang Ingin DiHitung
pil=masuk.nextInt(); //menampung variabel pil dengan tipe data integer
try{ // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
switch (pil){ //percabangan untuk inputan pilihan
case 1: //pilihan ke-1
{
String str =LuasSegitiga.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil Luassegitiga
}
break; //jeda
case 2: // pilihan ke-2
{
String str=LuasBujurSangkar.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil Luas Bujur sangkar
}
break; //jeda
case 3: //pilihan ke-3
{
String str=LuasLingkaran.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil Luas lingkaran
}
break; //jeda
case 4: //pilihan ke-4
{
String str=LuasPersegiPanjang.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil Luas persegi panjang
}
break; //jeda
case 5: //pilihan ke-5
{
String str=LuasBola.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil Luas bola
}
break; //jeda
case 6: //pilihan ke-6
{
String str=VolumeBola.bacaString();
//menginisialisasi & memanggil volume bola
}
break; //jeda
default: //kondisi ini akan di lakukan jika semua kondisi tidak ada yang terpenuhi
System.out.println("input salah");
//jika menginput yang bukan ada pada option makan akan tampil kalimat Input Salah
break; //jeda
}
}catch(NumberFormatException nfe){} ////menangkap eksepsi format nomor
System.out.print("Ingin Menghitung Lagi? (y/t) ?");
//mencetak kalimat mau coba lagi (y/t)?
String str=BacaPerulangan.bacaString();
//memanggil kelas baca perulangan
lagi = str.charAt(0);
//Metode ini mengembalikan karakter terletak di String's indeks tertentu
//Indeks string mulai dari nol
if(lagi=='Y') lagi ='Y';
if(lagi=='y') continue; //kondisi untuk perulangan
else{
System.out.println("trim\'s.. sudah mau mencoba\n");
break;
}
} //penutup compound statement
}
}
- Program baca keyboard, untuk perulangan :
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class BacaPerulangan
//nama baca perulangan = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
public static String bacaString(){
//berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
String string = ""; //variabel string dengan tipe data string
boolean selesai = false; // variabel selesai dengan tipe data boolean
while(!selesai){ //perulangan
try { // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
karakter =System.in.read(); //membaca inputan
if(karakter<0 ||(char)karakter == '\n')
//kondisi jika karakter kurang dari 0 maka karakter sebanyak n
selesai=true;
else
if(karakter != '\r')
string = string+(char)karakter;
}catch(IOException ioe){
//kode untuk menangani error exception yang berhubungan dengan input output
System.err.println("Ada Kesalahan Input Data!");
//untuk menampilkan pesan error
selesai=true; //jika benar maka statement akan berhenti
}
}
return string; //mengembalikan string
}//penutup compound statement
}
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class BacaPerulangan
//nama baca perulangan = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
public static String bacaString(){
//berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
String string = ""; //variabel string dengan tipe data string
boolean selesai = false; // variabel selesai dengan tipe data boolean
while(!selesai){ //perulangan
try { // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
karakter =System.in.read(); //membaca inputan
if(karakter<0 ||(char)karakter == '\n')
//kondisi jika karakter kurang dari 0 maka karakter sebanyak n
selesai=true;
else
if(karakter != '\r')
string = string+(char)karakter;
}catch(IOException ioe){
//kode untuk menangani error exception yang berhubungan dengan input output
System.err.println("Ada Kesalahan Input Data!");
//untuk menampilkan pesan error
selesai=true; //jika benar maka statement akan berhenti
}
}
return string; //mengembalikan string
}//penutup compound statement
}
1. Program Rumus Luas Segitiga
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasSegitiga
//nama luas segitiga = nama kelas
{ ////untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
int alas,tinggi;
//variabel alas,tinggi dengan tipe data integer
double luas; // variabel luas dengan tipe data double
Scanner s; //variabel scanner
int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
String string = ""; //memanggil string
boolean selesai = false; //variabel selesai dengan tipe data boolean
System.out.println("Rumus Luas Segitiga");
//mencetak kalimat Rumus Luas Segitiga
s=new Scanner (System.in); //mencetak dari hasil scanner s
System.out.print("Masukan Alas : ");
//mencetak kalimat Masukan alas
alas = s.nextInt(); //menampung variabel alas dengan tipe data integer
System.out.print("Masukan Tinggi :");
//mencetak kalimat masukan tinggi
tinggi = s.nextInt(); //menampung variabel tinggi dengan tipe data integer
luas =(alas* tinggi)/2; //rumus luas segitiga
System.out.println("("+alas+" * " +tinggi+ ") /2 = "+luas); //mencetak hasil luas
return string; //mengembalikan string
} //penutup statement
}
2. Ini adalah script Program Rumus Luas Bujur Sangkar
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasBujurSangkar
//nama luas bujur sangkar = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
int sisi,luas,kel;
//variabel sisi,luas, kel dengan tipe data integer
String string = " "; //memanggil string
Scanner sc; //variabel scanner sc
sc=new Scanner(System.in); //mencetak hasil dari scanner sc
System.out.println("Rumus Luas Bujur Sangkar");
//mencetak kalimat Rumus Luas Bujur Sangkar
System.out.println("Masukan sisi : ");
//mencetak kalimat Masukan sisi :
sisi=sc.nextInt(); //menampung variabel sisi dengan tipe data integer
luas=sisi*sisi; //rumus luas
kel=4*sisi; //rumus keliling
System.out.println("sisi ="+sisi); //mencetak nilai sisi
System.out.println("luas ="+luas); // mencetak nilai luas
System.out.println("keliling ="+kel); //mencetak nilai keliling
return string; //mengembalikan string
} //penutup compound statement
}
3. Ini adalah script Program Luas Lingkaran
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasLingkaran
// nama luas lingkaran = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
Scanner input = new Scanner(System.in); //mencetak hasil dari scanner input
String string=""; //memanggil string
double phi = 3.14; // variabel phi dengan tipe data double dan nilai ketetapan 3,14
double r, luas,keliling;
//variabel r, luas, keliling dengan tipe data double
System.out.println("Rumus Luas Lingkaran");
//mencetak kalimat Rumus Luas Lingkaran
System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari : ");
//mencetak kalimat Masukkan Panjang Jari-jari
r = input.nextDouble(); // menampung variabel r dengan tipe data double
luas = 0.5 * phi * r * r; //rumus luas lingkaran
keliling = 2 * phi * r; //rumus keliling lingkaran
System.out.println("Luas Lingkaran = " + (int)luas + " \nKeliling lingkaran = "+ (int)keliling);
//mencetak hasil luas dan keliling lingkaran
return string; //mengembalikan string
} //penutup compound statement
}
4. Ini adalah script Program Rumus Persegi Panjang
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasPersegiPanjang
//nama luas persegi panjang = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
int panjang,lebar,luas,keliling;
//variabel panjang, lebar, luas, keliling dengan tipe data integer
Scanner S = new Scanner (System.in); //mencrtak hasil dari scanner s
String string =""; //memanggil string
System.out.println("Rumus Luas Persegi Panjang");
//mencetak kalimat Rumus Luas Persegi Panjang
System.out.print("masukan panjang=");
//mencetak kalimat masukan panjang =
panjang=S.nextInt(); //menampung variabel panjang dengan tipe data integer
System.out.print("masukan lebar=");
//mencetak kalimat masukan lebar =
lebar=S.nextInt(); //menampung variabel lebar dengan tipe data integer
luas=(panjang*lebar); // rumus luas persegi panjang
keliling=2*(panjang+lebar); //rumus luas keliling persegi panjang
System.out.println("luas persegi panjang adalah="+luas); //mencetak hasil luas
return string; //mengembalikan string
}
} //penutup compound statement
5. Ini adalah script Program Luas Bola
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasBola
//nama luas bola = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
String string =""; //memanggil strig
Scanner input = new Scanner (System.in); // mencetak hasil dari scanner input
System.out.println("Rumus Luas Bola");
//mencetak kalimat Rumus Luas Bola
System.out.println("Masukan r=");
//mencetak kalimat masukan r =
int r = input.nextInt();
//menampung variabel r dengan tipe data integer
double phi = 3.14; //variabel phi dengan ketetapan nilai phi=3,14 dan tipe data double
double luasbola = phi*r*r; //rumus luas bola
System.out.println("luasbola= "+luasbola); //mencetak hasil luas bola
return string; //mengembalikan string
} //penutup compound statement
}
6. Ini adalah script Program Volume Bola
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class VolumeBola
//nama luas bola = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
public static String bacaString(){ //argument baca string
System.out.println("Rumus Volume Bola");
//mencetak kalimat Rumus Volume Bola
System.out.print("Masukkan jari-jari bola : ");
//mencetak kalimat Masukkan jari-jari bola
Scanner input = new Scanner(System.in);
//mencetak hasil dari scanner input
double jari = input.nextDouble();
//variabel jari dengan tipe data double
System.out.println("Volume bola adalah " + jari*jari*jari*22/7*4/3);
//mencetak hasil volume bola
return string; //mengembalikan string
} //penutup compound statement
}
Itu adalah contoh program penghitungan luas bangun datar dengan menggunakan teknik memanggil class lain agar tidak terlalu menumpuk di satu class
Dan ini adalah output dari program diatas :
- ini adalah contoh dari program yang bisa di ulang ulang untuk menghitung rumus
- ini adalah contoh dari program yang setelah dihitung tidak ingin dilanjutkan menghitung program yang lain
No comments:
Post a Comment