Saturday, October 20, 2018

MEMBUAT PROGRAM PERULANGAN DAN BISA MEMANGGIL CLASS LAIN

MEMBUAT PROGRAM PERULANGAN DAN BISA MEMANGGIL CLASS LAIN

ini adalah script program untuk menghitung luasluas bangun datar menggunakan teknik pemanggilan class class dari main program agar tidak terlalu banyak codingan dalam satu class. Jadi kita pisahkan dengan teknik ini, memanggilnya dengan case of lalu.. liat dibawah ini


  • Main Program :
import java.util.Scanner;
//Perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
public class tugaspbo
//nama tugaspbo = nama kelas
{ //untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
    public static void main(String[]args){
        //berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
        Scanner masuk=new Scanner (System.in); //mencetak hasil dari scanner masuk
        int pil; //variabel pil dengan tipe data integer
       
        char lagi='y'; //variabel lagi dengan tipe char untuk perulangan
           
     
        System.out.println("Masukan Pilihan");
        //mencetak kalimat Masukan Pilihan
        System.out.println("1. Luas Segitiga ");
        //mencetak kalimat 1. Luas Segitiga
        System.out.println("2. Luas Bujur Sangkar ");
        //mencetak kalimat 2. Luas Bujur Sangkar
        System.out.println("3. Luas Lingkaran ");
        //mencetak kalimat 3. Luas Lingkaran
        System.out.println("4. Luas Persegi Panjang ");
        //mencetak kalimat 4. Luas Persegi Panjang
        System.out.println("5. Luas Bola ");
        //mencetak kalimat 5. Luas Bola
        System.out.println("6. Volume Bola ");
        //mencetak kalimat 6. Volume Bola

       
        while(lagi=='y'){ //perulangan while
        System.out.print("\nPilih Rumus Yang Ingin DiHitung :");
        //mencetak kalimat Pilih Rumus Yang Ingin DiHitung
        pil=masuk.nextInt(); //menampung variabel pil dengan tipe data integer
        try{ // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
           switch (pil){ //percabangan untuk inputan pilihan
                 
               case 1: //pilihan ke-1
                               
               {
                   String str =LuasSegitiga.bacaString();
                    //menginisialisasi & memanggil Luassegitiga
                }                     
                           
               break; //jeda
               case 2: // pilihan ke-2
               {
                   String str=LuasBujurSangkar.bacaString();
                    //menginisialisasi & memanggil Luas Bujur sangkar
               }
               break; //jeda
               case 3: //pilihan ke-3
               {
                   String str=LuasLingkaran.bacaString();
                   //menginisialisasi & memanggil Luas lingkaran
               }
               break; //jeda
               case 4: //pilihan ke-4
               {
                   String str=LuasPersegiPanjang.bacaString();
                   //menginisialisasi & memanggil Luas persegi panjang
               }
               break; //jeda
               case 5: //pilihan ke-5
               {
                   String str=LuasBola.bacaString();
                   //menginisialisasi & memanggil Luas bola
               }
               break; //jeda
               case 6: //pilihan ke-6
               {
                   String str=VolumeBola.bacaString();
                   //menginisialisasi & memanggil volume bola
               }
               break; //jeda
               default: //kondisi ini akan di lakukan jika semua kondisi tidak ada yang terpenuhi
               System.out.println("input salah");
               //jika menginput yang bukan ada pada option makan akan tampil kalimat Input Salah
               break; //jeda
                 
                               
               }
            }catch(NumberFormatException nfe){} ////menangkap eksepsi format nomor
        System.out.print("Ingin Menghitung Lagi? (y/t) ?");
        //mencetak kalimat mau coba lagi (y/t)?
       
        String str=BacaPerulangan.bacaString();
        //memanggil kelas baca perulangan
        lagi = str.charAt(0);
        //Metode ini mengembalikan karakter terletak di String's indeks tertentu
        //Indeks string mulai dari nol
        if(lagi=='Y') lagi ='Y';
        if(lagi=='y') continue; //kondisi untuk perulangan
        else{
            System.out.println("trim\'s.. sudah mau mencoba\n");
            break;
                   
 }
} //penutup compound statement
}
}       

  • Program baca keyboard, untuk perulangan :
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard

public class BacaPerulangan
    //nama baca perulangan = nama kelas
    {//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block).
    public static String bacaString(){
         //berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi
        int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
        String string = ""; //variabel string dengan tipe data string
        boolean selesai = false; // variabel selesai dengan tipe data boolean
     
        while(!selesai){ //perulangan
            try { // untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan
                karakter  =System.in.read(); //membaca inputan
                if(karakter<0 ||(char)karakter == '\n')
                //kondisi jika karakter kurang dari 0 maka karakter sebanyak n
                selesai=true;
                else
                if(karakter != '\r')
                string = string+(char)karakter;
            }catch(IOException ioe){
                //kode untuk menangani error exception yang berhubungan dengan input output
                System.err.println("Ada Kesalahan Input Data!");
                //untuk menampilkan pesan error
                selesai=true; //jika benar maka statement akan berhenti
            }
        }
        return string; //mengembalikan string
    }//penutup compound statement
}


Ini adalah program yang dipanggil, yaitu program program luas luas bangun datar :

1.  Program Rumus Luas Segitiga
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasSegitiga
//nama luas segitiga = nama kelas
{ ////untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string
        int alas,tinggi;
        //variabel alas,tinggi dengan tipe data integer
        double luas; // variabel luas dengan tipe data double
        Scanner s; //variabel scanner
     
     
        int karakter; //variabel karakter dengan tipe data integer
        String string = ""; //memanggil string
        boolean selesai = false; //variabel selesai dengan tipe data boolean
     
        System.out.println("Rumus Luas Segitiga");
        //mencetak kalimat Rumus Luas Segitiga
        s=new Scanner (System.in); //mencetak dari hasil scanner s
        System.out.print("Masukan Alas : ");
        //mencetak kalimat Masukan alas
        alas = s.nextInt(); //menampung variabel alas dengan tipe data integer
     
        System.out.print("Masukan Tinggi :");
        //mencetak kalimat masukan tinggi
        tinggi = s.nextInt(); //menampung variabel tinggi dengan tipe data integer
     
        luas =(alas* tinggi)/2; //rumus luas segitiga
        System.out.println("("+alas+" * " +tinggi+ ") /2 = "+luas); //mencetak hasil luas
     
        return string; //mengembalikan string
        } //penutup statement
        } 

2. Ini adalah script Program Rumus Luas Bujur Sangkar
 import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasBujurSangkar
//nama luas bujur sangkar = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string
    int sisi,luas,kel;
    //variabel sisi,luas, kel dengan tipe data integer
    String string = " "; //memanggil string
    Scanner sc; //variabel scanner sc
    sc=new Scanner(System.in); //mencetak hasil dari scanner sc
 
    System.out.println("Rumus Luas Bujur Sangkar");
    //mencetak kalimat Rumus Luas Bujur Sangkar
    System.out.println("Masukan sisi : ");
    //mencetak kalimat Masukan sisi :
    sisi=sc.nextInt(); //menampung variabel sisi dengan tipe data integer
 
    luas=sisi*sisi; //rumus luas
    kel=4*sisi; //rumus keliling
 
    System.out.println("sisi ="+sisi); //mencetak nilai sisi
    System.out.println("luas ="+luas); // mencetak nilai luas
    System.out.println("keliling ="+kel); //mencetak nilai keliling

    return string; //mengembalikan string
} //penutup compound statement
}

3. Ini adalah script Program Luas Lingkaran
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
 public class LuasLingkaran
 // nama luas lingkaran = nama kelas
 {//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string
 Scanner input = new Scanner(System.in); //mencetak hasil dari scanner input
 String string=""; //memanggil string
 double phi = 3.14;  // variabel phi dengan tipe data double dan nilai ketetapan 3,14
 double r, luas,keliling;
 //variabel r, luas, keliling dengan tipe data double

 System.out.println("Rumus Luas Lingkaran");
 //mencetak kalimat Rumus Luas Lingkaran
 System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari : ");
 //mencetak kalimat Masukkan Panjang Jari-jari

 r = input.nextDouble(); // menampung variabel r dengan tipe data double
 luas = 0.5 * phi * r * r; //rumus luas lingkaran
 keliling = 2 * phi * r; //rumus keliling lingkaran
 System.out.println("Luas Lingkaran = " + (int)luas + " \nKeliling lingkaran = "+ (int)keliling);
 //mencetak hasil luas dan keliling lingkaran

 return string; //mengembalikan string
}  //penutup compound statement
 }

4. Ini adalah script Program Rumus Persegi Panjang
 import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
 public class LuasPersegiPanjang
 //nama luas persegi panjang = nama kelas
 {//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string
   int panjang,lebar,luas,keliling;
   //variabel panjang, lebar, luas, keliling dengan tipe data integer
   Scanner S = new Scanner (System.in); //mencrtak hasil dari scanner s
   String string =""; //memanggil string
    System.out.println("Rumus Luas Persegi Panjang");
    //mencetak kalimat Rumus Luas Persegi Panjang
   System.out.print("masukan panjang=");
   //mencetak kalimat masukan panjang =
     panjang=S.nextInt();  //menampung variabel panjang dengan tipe data integer
   System.out.print("masukan lebar=");
   //mencetak kalimat masukan lebar =
     lebar=S.nextInt();  //menampung variabel lebar dengan tipe data integer
   luas=(panjang*lebar);  // rumus luas persegi panjang
   keliling=2*(panjang+lebar);  //rumus luas keliling persegi panjang
    System.out.println("luas persegi panjang adalah="+luas);  //mencetak hasil luas
 
    return string; //mengembalikan string
   }
 }  //penutup compound statement


5. Ini adalah script Program Luas Bola
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class LuasBola
//nama luas bola = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string
      String string =""; //memanggil strig
      Scanner input = new Scanner (System.in); // mencetak hasil dari scanner input
      System.out.println("Rumus Luas Bola");
      //mencetak kalimat Rumus Luas Bola
        System.out.println("Masukan r=");
        //mencetak kalimat masukan r =
        int r =  input.nextInt();
        //menampung variabel r dengan tipe data integer
        double phi = 3.14; //variabel phi dengan ketetapan nilai phi=3,14 dan tipe data double
        double luasbola = phi*r*r; //rumus luas bola
        System.out.println("luasbola= "+luasbola); //mencetak hasil luas bola
     
        return string; //mengembalikan string
    } //penutup compound statement
}


6. Ini adalah script Program Volume Bola
import java.util.Scanner;
//perintah untuk menginisialisasi objek yang diinginkan pengguna
import java.io.*;
// perintah untuk memasukan data dari peralatan input keyboard
public class VolumeBola
//nama luas bola = nama kelas
{//untuk membuat suatu sekumpulan perintah (compound statement/block)
    public static String bacaString(){ //argument baca string 
     
             System.out.println("Rumus Volume Bola");
             //mencetak kalimat Rumus Volume Bola
            System.out.print("Masukkan jari-jari bola : ");
            //mencetak kalimat Masukkan jari-jari bola
            Scanner input = new Scanner(System.in);
            //mencetak hasil dari scanner input
            double jari = input.nextDouble();
            //variabel jari dengan tipe data double
            System.out.println("Volume bola adalah " + jari*jari*jari*22/7*4/3);
            //mencetak hasil volume bola
            return string; //mengembalikan string
        } //penutup compound statement
    }

Itu adalah contoh program penghitungan luas bangun datar dengan menggunakan teknik memanggil class lain agar tidak terlalu menumpuk di satu class

Dan ini adalah output dari program diatas :

  • ini adalah contoh dari program yang bisa di ulang ulang untuk menghitung rumus


  • ini adalah contoh dari program yang setelah dihitung tidak ingin dilanjutkan menghitung program yang lain




No comments:

Post a Comment

KUMPULAN MATERI RESUME PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat Datang di Blog Alfknowledge Resume Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek...